Sebelumnya perkenalkan saya Joko Yugiyanto, sehari-hari bekerja sebagai pekerja teks komersil dan dengan platform ini ingin menawarkan beberapa jasa yang mungkin cocok sesuai dengan kebutuhan anda.

Saya berani memutuskan menjadi seorang freelancer dibidang ini karena terdorong bagaimana ingin tetap produktif dengan hal yang disukai. Kali pertama mengenal dunia tulis menulis pada tahun 2004.

Ditandai dengan bergabung pada Lembaga Pers Mahasiswa BPP Cakrawala Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Selama 4 tahun di kampus selain belajar tentang psikologi saya juga belajar tentang bagaimana menyampaikan pesan menggunakan media tulisan.

Setelah lulus saya bergabung dengan Tribun Lampung Kompas Gramedia selama satu tahun antara tahun 2009 - 2010. Keinginan untuk berjalan-jalan dan keliling Indonesia membuat saya harus memilih.

Mencari pekerjaan yang bisa mengantarkan mimpi tersebut. Beruntung dengan bergabung PT BFI Finance Indonesia sebagai HC Area Indonesia Timur saya bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Setidaknya selain Kota Bandar Lampung dan sekitarnya (Metro, Lampung Tengah, Krui, Pringsewu) saya bisa lanjut ke sebagian Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi, Ambon dan Papua.

Manusia (terutama saya) mungkin pada dasarnya tak ada rasa puas. Usai berkeliling beberapa pulau ternyata Jogja menjadi satu kota terbaik. Seperti kata Joko Pinurbo, "Jogja itu terbuat dari rindu, pulang dan angkringan."

Mencoba peruntungan bekerja di Jogja dan setidaknya saya pernah bekerja sebagai recruiter di CV Sinar Surya Group, PT Komitrando Emporio dan PT Syncore Indonesia.  

Bosan menjadi karyawan saya pun pernah mencoba berjualan bakso. Hanya saja ternyata jualan tidak semudah yang saya pikir. Hanya bertahan beberapa bulan dan kemudian harus gulung tikar.

Selamat itu pula saya mencoba belajar menulis kembali. Menghadirkan https://kanaljogja.com untuk bercerita banyak hal yang ada di Jogja.

Tak perlu waktu lama saya pun melakoni bidang yang sempat saya tinggalkan. Menjadi recruiter untuk PT Nusa Suryaciptadana di kantor pusat Jakarta.

Di tempat ini hanya bertahan sekitar 6 bulan dan kemudian diajak pindah ke PT Smart Multi Finance. Tempat ini menjadi perusahaan paling lama saya bekerja karena bisa bertahan hingga 6 tahun lebih.

Pandemi masuk tanah air dan saya menjadi salah satu pihak yang menjadi korban untuk gelombang pertama. Ditandai dengan adanya hilang pekerjaan untuk sementara atau dirumahkan membuat saya harus berfikir ekstra keras.

Apa kiranya pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah.

Dan disinilah, ternyata hobi menulis menyelamatkan kami sekeluarga. Dengan menulis saya dan keluarga masih bisa bertahan dan dalam beberapa waktu penghasilan jauh lebih baik dari section head recruitment.

Saya paham betul menjadi freelancer atau tenaga lepas berada pada kondisi ketidakpastian. Di satu waktu bisa miliki rejeki yang cukup tapi bisa juga dilain waktu akan mepet.

Oleh karenanya saya pun mencoba mengulik kembali apa saja yang bisa saya tawarkan kepada masyarakat luas. Selain menjadi penulis saya tentu masih bisa menjadi recruiter dan trainer.

Tak hanya itu saja, saya pun menjadi pendamping Proses Produk Halal (PPH) bagi teman-teman UMKM. Bagi mereka yang ingin mengajukan sertifikat halal pun kini ada skema gratis untuk produk olahan sederhana non daging.

Saya pun mencoba mengulang apa yang dulu menjadi hobi saya yang lain. Apalagi kalau bukan menjadi pemandu wisata atau walking tour. Kamu yang sedang di Jogja dan butuh teman jalan tentu bisa kontak saya di 087838889019.